ACCOUNT OFFICER 

  • Diskripsi Pelatihan
    Adalah pelatihan bagi junior to middle level Account Officer di Bank mengenai bagaimana menangani dengan baik nasabah retail dan perusahaan komersial di Bank dengan ukuran kecil dan menengah, yaitu kurang lebih denga nilai penjualan antara Rp. 1 Milyar s/d Rp. 50 Milyar per tahun, sehingga menjadi nasabah yang dilayani dengan baik dan terpuaskan kebutuhan perbankannya, yang pada akhirnya akan menjadi nasabah yang memberi kontribusi pada pertumbuhan bisnis dan profitabilitas bank

  • Tujuan Pelatihan
    Untuk mempersiapkan karyawan bank menjadi Account Officer yang memiliki kompetensi yang memadai untuk mengelola nasabah nasabah kredit retail dan komersial (UKM), pendanaan maupun fee based sehingga menjadi nasabah yang terpuaskan kebutuhan perbankannya bisnisnya didukung untuk berkembang dan memberi kontribusi yang semakin meningkat pada profitabilitas bank

  • Target Partisipan
    Para Account Officer baru dan yang telah berpengalaman s/d 5 tahun, para karyawan pimpinan yang akan dirotasi dari bagian lain dan mendapat tugas baru sebagai account officer, serta siapapun yang berminat mendalami persyaratan kompetensi account officer

  • Sasaran Pelatihan
    Setelah berakhirnya pelatihan ini, maka diharapkan para peserta pelatihan akan memiliki kompetensi dasar yang kuat dan memadai untuk mengelola nasabah retail dan UKM yaitu dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut :
    1. Memahami dengan baik peranan Account Officer sebagai ujung tombak bank (business unit bank) dalam memberi pelayanan kepada nasabah, mengembangkan bisnis bank, dan mencapai sasaran komersial dari cabang bank
    2. Memahami cakupan kompetensi yang diperlukan untuk menjalankan tugas sebagai Account Officer Bank
    3. Memahami strategi pemasaran dan bagaimana mengetahui size pasar yang secara potensial dapat digarap dan bagaimana implementasinya dalam kegiatan pemasaran dari personal selling
    4. Mempertajam ketrampilan menjual dan negosiasi
    5. Mempertajam kompetensi dalam pemberian kredit, proses inisiasinya, account managementnya dan risk managementnya
    6. Mempertajam kompetensi mengenai financial statement analysis termasuk cash flow analysis
    7. Memperdalam pengetahuan dan ketrampilan melakukan collateral appraisal dan valuation
    8. Memperdalam pengetahuan mengenai aspek legal dalam perkreditan
    9. Memperdalam pengetahuan mengenai produk produk pendanaan dan bagaimana cara mengemasnya menjadi produk yang menarik
    10. Memperdalam pengetahuan mengenai produk produk fee based
    11. Memahami dasar-dasar Account Management, Portfolio Management, dan profitability Analysis per Account
    12. Memahami cakupan remedial Management dan tehnik penerapannya di lapangan
    13. Mengasah kemampuan business communication dan presentation skills
    14. Meningkatkan kemampuan menjual secara efektif

  • Durasi Pelatihan
    • Modul I : 3 hari kerja.
    • Modul II : 5 hari kerja.
    • Modul III : 3 hari kerja.

  • Materi Pokok Pelatihan
    1. Peranan dan diskripsi tugas Account Officer di Bank
    2. Key Performance Indicators bagi Account Officer di Bank
    3. Pemahaman mengenai cakupan dan jenis ketrampilan yang wajib dimiliki oleh Account Officer Professional
    4. Overview secara umum mengenai bisnis perbankan dan peraturan peraturan perbankan secara umum
    5. Memahami jenis-jenis risiko bank secara umum
    6. Memahami jenis-jenis produk perbankan : pinjaman, pendanaan dan fee based
    7. Memahami neraca dan laba/rugi bank dan rasio rasio kinerja perbankan yang penting
    8. Strategi pengembangan pasar dan identifikasi target pasar dan ukuran pasar potensial
    9. Strategi pendekatan pemasaran dan penjualan (personal selling)
    10. Memahami falsafah pemberian kredit dan proses inisiasi pemberian kredit
    11. Analisa kualitatif pemberian kredit
    12. Analisa kuantitatif calon debitur yaitu financial statement analysis
    13. Collateral appraisal and valuation
    14. Legal aspects of lending
    15. Dokumentasi kredit
    16. Pembukuan and administration kredit
    17. Credit risk, credit grading & credit scoring
    18. Risk based pricing
    19. Problem loan and recovery
    20. Produk pendanaan dan pasar uang serta risiko pasar
    21. Produk fee based
    22. Menghitung Account Profitability
    23. Business communication relationship & ethics
    24. Presentation skill
    25. Selling & Negotiation skills

 

BiznisContact, Graha Morzell Lt. 1 Jl. Pejaten Raya No. 22 Jakarta 12540, Telp. (021) 7919 5724, 7919 9435, Fax. (021) 797 2599